Pernikahan menjadi momen paling bersejarah dalam hidup seseorang. Ijab qabul atau janji suci di altar, cincin nikah, kehadiran teman, kerabat dan saudara untuk memberikan doa restu, menjadi ratu dan raja adalah gambaran pernikahan. ini adalah hal terindah dan juga menjadi mimpi besar setiap orang. Nah, sekarang setelah kamu mantab dengan pasangan dan memutuskan untuk menikah, maka sekarang adalah saatnya untuk merencanakan pesta pernikahan.
Ada banyak sekali hal yang harus kamu persiapkan menyambut pernikahan. tidak hanya untuk mewujudkan pesta pernikahan impian saja, tetapi juga penting untuk mengikuti tradisi atau budaya dan bahkan juga memprioritaskan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para tamu undangan yang hadir, baik keluarga sendiri, keluarga pasangan, teman, kerabat, tetangga dan siapapun yang kamu undang. Pemilihan cincin kawin juga merupakan salah satu hal penting yang harus menjadi prioritas kamu dan pasangan. Karena cincin merupakan symbol dari ikatan pernikahan, cincin ini juga akan menjadi benda bersejarah. Jadi sangat penting untuk kamu memilih cincin yang terbaik. Kalau kamu memakai cincin tunangan dan tidak ingin melepasnya meskipun nanti sudah mengenakan cincin, maka menyesuaikan model juga bisa dipilih. Supaya nanti saat dikenakan model cincin tidak bentrok dan tetap membuat tampilan kamu modis dan menarik.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan dalam mempersiapkan pesta pernikahan adalah tradisi atau budaya. Karena bagaimanapun juga ini sangat penting, apalagi kalau kamu berada di lingkungan yang menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi. Ada banyak sekali tradisi berkaitan dengan pesta pernikahan, tidak terkecuali juga wine atau anggur. Bagi penganut Kristen, anggur dalam pernikahan memiliki makna yang dalam.
Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu — dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya — ia memanggil mempelai laki-laki, dan berkata kepadanya: “Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang.” (Yoh 2:9-10)

Saya yakin kita semua pasti pernah membaca tentang mujizat pertama yang dilakukan Isa pada perjamuan pesta pernikahan di Kana. Dalam peristiwa itu, Isa membuat mujizat yaitu mengubah air menjadi anggur. Isa pada awalnya meminta pelayan untuk mengisi tempayan penuh dengan air (ay. 7) dan memerintahkan para pelayan untuk mencedok air (yang telah berubah menjadi anggur) kepada pemimpin pesta (ay. 8). Ketika pemimpin pesta mencicipinya, ia bersukacita karena anggur yang ia cicipi adalah anggur yang terbaik (ay. 9-10).

Di Indonesia memang anggur bukanlah minuman yang lazim, apalagi untuk pesta pernikahan. namun orang-orang tertentu masih memegang teguh tradisi ini dengan menyajkan wine atau anggur pada pesta pernikahan. apalagi di barat, anggur sudah menjadi minuman yang tidak lepas dari keseharian. Menurut mereka dianggap anggur melambangkan sukacita, prestige, dan juga berkat Tuhan. Anggur juga bisa berbicara tentang urapan roh kudus. Banyak hal yang dapat dilambangkan dengan anggur. Namun, khusus untuk pernikahan, kita akan melihat apa saja makna anggur, yang sesungguhnya penting untuk dapat dimengerti oleh setiap pasangan. Jadi kalau kamu memiliki budget lebih, tentu tidak ada salahnya untuk menyajikan anggur dalam pesta pernikahan, terutama kalau tamu undangan adalah para kafir.

Ada banyak sekali alasan mengapa pada bebeapa kaum atau golongan anggur dan pernikahan merupakan dua kesatuan yang tidak terpisahkan. Karena hal ini juga termaktub dalam kitab agama mereka. pertama adalah anggur berbicara tentang kenikmatan cinta dalam pernikahan (Kid 1:1). Kedua adalah anggur berbicara tentang gairah hidup dalam pernikahan (Kid 2:13). Ketiga adalah anggur berbicara tentang kehidupan seks yang kudus dalam pernikahan (Kid 7:8). Keempat adalah bahwa anggur berbicara tentang komunikasi yang indah dalam pernikahan (Kid 7:9). Kelima adalah anggur berbicara tentang hal-hal yang intim dan pribadi dalam pernikahan (Kid 8:12).
Memang anggur sendiri bukanlah minuman yang murah. Apalagi untuk anggur kualitas bagus, harganya bisa menjadi sangat mahal. Tentu saja ini akan menjadi masalah buat kamu yang memiliki budget terbatas. Tapi tidak perlu khawatir, karena dengan menerapa beberapa trik ini, kamu juga bisa tetap menyajikan anggur di pesta pernikahan meski hanya dengan budget yang minim.

  •  Temukan jenis wine dengan harga paling murah namun tetap dengan kualitas bagus. Mintalah rekomendasi dari orang-orang yang lebih berpengalaman. atau jika kamu menggunakan perencana pernikahan atau wedding organizer, tentu saja mereka aka membantu dan memberikan referensi anggur murah yang sesuai dengan budget kamu.
  • Anggur memang bukan minuman yang lazim, jadi beberapa dari tamu undangan kamu juga mungkin tidak terbiasa untuk meminumnya. Untuk itu, menyajikan anggur dengan menyewa katering berjalan dengan anggur yang menawarkan kepada para tamu bisa menjadi pilihan.
  • Ketika memesan anggur untuk pernikahan, katering umumnya akan memberikan dua pilihan perhitungan pembayaran, yakni berdasarkan jumlah tamu yang diundang atau dengan jumlah anggur yang dikonsumsi. Untuk menghemat biaya, tentu saja pilihan kedua adalah yang terbaik. Karena sudah dapat dipastikan tidak semua orang bersedia untuk menikmati anggur dengan berbagai alasan.
  • Kamu juga harus tahu berapa banyak harus membeli anggur. Pembelian dalam jumlah berlebih tentu tidak akan baik untuk budget kamu, tapi sebaiknya juga jangan sampai di pesta pernikahan nanti terjadi kekurangan anggur. Karena menurut kepercayaan kuno, kehabisan anggur di pesta pernikahan berpotensi tinggi untuk terjadi perceraian. Meskipun merupakankepercayaan kuno yang bahkan sudah diabaikan, tapi kami yakin kamu tidak ingin mengambil resiko ini.
  • Anggur merah atau anggur putih? Biasanya, setengah dari orang yang minum wine akan minum putih setengah akan minum merah. Chardonnay dan Cabernet biasanya jenis yang paling populer, dengan Zinfandel white dinilai kehormatan.
    Tapi sebelum kamu memutuskan untuk memilih apakah anggur merah atau anggur putih, sebaiknya juga tetap melalui beberapa pertimbangan, terutama sekali budget. Jika memang tidak ada masalah dengna budget, maka memilih anggur yang terbaik dan berkualitas tentu yang terbaik.

    Ingat bahwa selain anggur masih ada banyak persiapan penting lainnya yang harus kamu lakukan dalam menyambut pesta pernikahan. jadi kamu juga harus bijak dalam mengalokasikan setiap anggaran yang ada. Memang ini tidak akan menjadi masalah jika ternyata kamu adalah salah satu orang yang beruntung dengan memiliki banyak uang. Tapi tentu akan menjadi masalah jika ternyata budget atau anggaran pesta pernikahan kamu sangat terbatas. Kamu harus lebih bijak dan berhati-hati dalam mengalokasikan setiap dana. Jangan sampai karena terlalu royal pada pos tertentu kemudian kamu harus menanggung masalah pembengkakan biaya pernikahan atau bahkan mungkin kacaunya rencana yang sudah kamu susun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s